Begini Jurus Berkelit TikTok dalam Menghadapi Larangan Pemerintah AS

Senin, 13 Juli 2020 - 09:00 WIB
loading...
Begini Jurus Berkelit TikTok dalam Menghadapi Larangan Pemerintah AS
Pemilik TikTok berupaya membersihkan citra aplikasi berbagi video dari kedekatan dengan Pemerintah China. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pekan lalu, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo berbicara tentang larangan TikTok di AS. Aplikasi berbadi video pendek ini menjadi salah satu aplikasi paling populer di AS dan semakin meningkat pamornya oleh pandemik COVID-19. (Baca juga: Ratusan Kali Take Demi Konten TikTok Viral )

Sayangnya, TikTok dimiliki oleh Byte Dancer, perusahaan asal China. Ini yang menjelaskan mengapa Pemerintah Amerika Serikat 9AS) mengkhawatirkan keamanan bagi penggunanya.

Laman Phone Arena mengutarakab, publik tidak biasa untuk mendengar perusahaan Amerika seperti Amazon memerintahkan karyawannya melalui email untuk menghapus aplikasi TikTok dari handphone apa pun yang memiliki email Amazon. Jika menolak, karyawan akan kehilangan akses ke Amazon. Amazon sendiri mengklarifikasi bahwa email itu dikirim secara tidak sengaja.

TikTok tetap dimiliki oleh perusahaan Cina, meskipun tidak beroperasi di negara itu dan menggunakan server sendiri di AS. Ini berarti manajemen TikTok tidak dapat dipaksa untuk mematuhi perintah dari Pemerintah Komunis China.

TikTok pun sedang mencoba untuk memperbaiki dirinya agar tampak seperti "aset" Amerika. Lihat saja bagaimana mereka merekrut Kepala Layanan Streaming Disney + (Plus), Kevin Mayer, menjadi CEO TikTok pada Juni lalu.

Sekarang, Reuters melaporkan, ByteDancer sedang mencari cara untuk mengubah struktur perusahaan TikTok. Seorang sumber yang dekat dengan manajemen, mengatakan, mereka berpikir untuk membuka kantor pusat di salah satu lokasi di mana saat ini memiliki kantor. Idenya adalah untuk memperjelas bahwa TikTok bukan perusahaan China.

Lima kantor terbesar yang digunakan oleh TikTok terletak di Los Angeles, New York, London, Dublin, dan Mumbai. Rencananya kantor pusat perusahaan dapat ditempatkan di salah satu lokasi tersebut.

Selain menghapus semua koneksi ke China untuk menunjukkan bahwa mereka bukan ancaman keamanan nasional di negara-negara bagian AS, TikTok juga ingin membuktikan kepada negara lain bahwa aplikasi memang tidak memiliki koneksi dengan China. Sebagai contoh, India baru-baru ini melarang aplikasi setelah negara itu menemukan bertempur di sepanjang perbatasan Himalaya dengan China.

TikTok mungkin berharap larangan itu dibatalkan dengan menunjukkan bahwa mereka bukanlah perusahaan China. Untuk menunjukkan betapa sulitnya bekerja untuk menjaga platform-nya sejalan, TikTok pekan lalu menghapus lebih dari 49 juta video selama paruh kedua tahun lalu karena gagal memenuhi pedoman aplikasi.

Dengan menghapus semua petunjuk China dari TikTok, Pemerintah AS dan negara lain tidak akan memiliki dasar untuk melarang aplikasi. Seperti itulah taktik TikTok untuk menghindari tudingan keterkaitan mereka terhadap Pemerintah China.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4793 seconds (0.1#10.140)