Samsung Galaxy S6 Vs LG G3

Jum'at, 17 April 2015 - 15:49 WIB
Samsung Galaxy S6 Vs LG G3
Samsung Galaxy S6 Vs LG G3
A A A
LONDON - LG G3 memang sudah dirilis tahun lalu dan tampil dengan hardware serta desain menarik. Kemudian muncul Samsung Galaxy S6 yang menambah jajaran ponsel kelas premium.

Dikutip dari Phonearena, Jumat (17/4/2015), kedua smartphone ini memiliki keunggulan masing-masing. Buat Anda yang menyukai kedua merek tersebut dan bingung memilih, handset mana yang sesuai, Sindonews.com akan bantu memberikan perbandingan keduanya dari berbagai sisi.

Desain

Samsung Galaxy S6 merupakan perangkat premium yang menggabungkan smartphone Galaxy tradisional, yakni dibangun dengan kaca dibagian atas dengan balutan bahan aluminium. Sedangkan LG G3 dibangun dengan balutan plastik sederhana namun berkualitas tinggi, sehingga tetap mengesankan.

Samsung menuangkan banyak perhatian dalam desain S6, dan menyajikan smartphone cukup kokoh, berkat lapisan Gorilla Glass 4 yang terbalut dibagian depan dan belakangnya. LG G3 memang tidak meninjolkan kesan kemewahan atau perlindungan, tetapi kualitas ponsel tetap kuat berkat ergonomi.

Berbicara tentang ernogomi dan ukuran, Samsung Galaxy S6 memiliki dimensi 5.65 x 2.78 x 0.27 inci (143,4 x 70,5 x 6,8 mm) dengan berat 4,87 ons (138 gram). Sedangkan LG G3 berukuran 5.76 x 2.94 x 0.35 inci (146,3 x 74,6 x 8,9 mm) dan berat 5,26 ons (149 gram).
komparasi
Dari sisi layar, Galaxy S6 lebih kompak dengan layar lebih lebih kecil 5,1 inci. Sedangkan LG G3 punya layar lebih besar 5,5 inci, dan lebih ringan. Meskipun terbuat dari bahan lebih kuat.

Perbedaan secara desain yang paling mencolok antara S6 dengan G3 adalah penempatan tombol volume dan power. Galaxy S6 memiliki tombol yang secara konvensional ditempatkan di bagian sisi ponsel.

Buat yang terbiasa menggunakan Galaxy S6, mungkin harus terbiasa saat menggunakan LG G3. karena tombol tersebut ada di bagian belakang.

Perbedaan penting lainnya, adalah tidak adanya slot microSD dan baterai yang tidak dapat dilepas pada Galaxy S6. Sedangkan pada LG G3, meskipun memiliki layar lebih besar, tapi juga dilengkapi dengan slot microSD dan baterai yang dapat dilepas.

Display

Buat Anda yang mencari display dengan resolusi Quad-HD dengan lebih dari 3 juta piksel, Samsung Glaxy S6 dan LG G3 merupakan pilihan yang tepat.

Galaxy S6 memiliki kamera 5.1 inci Super AMOLED dengan resolusi 1.440x2.560 kerapatan piksel lebih dari 577 ppi. LG G3 memiliki display 5,5 inci IPS LCD dengan resolusi yang sama, tetapi kepadatan piksel lebih rendah dari 538 ppi.
komparasi

Warna pada LG G3 umumnya baik-baik saja, tapi lebih dingin dari Galaxy S6, dan sedikit over. Dalam hal kecerahan, Galaxy S6 dihiasi dengan layar Super AMOLED terang. Secara maksimal, mampu hingga 563 nits brightness. Berarti Anda tidak akan memiliki kesulitan menggunakan layar ini di bawah sinar matahari cerah.

Layar LG G3, di sisi lain, memiliki tingkat kecerahan maksimum yang lebih rendah yakni 455 nits. Berarti Anda dapat menggunakannya di bawah sinar matahari langsung atau kondisi pencahayaan yang terang, tapi mungkin diperlukan beberapa upaya.

Prosesor dan Memori


Samsung Galaxy S6 dilengkapi dengan SoC buatan sendiri, Exynos 7420. Ini adalah 64-bit octa-core CPU dibangun pada proses 14 nm. Mempekerjakan empat core Cortex-A57 berjalan pada 2.0GHz, dan empat core Cortex-A53 didorong ke 1.5GHz, diatur dalam konfigurasi octa-core yang benar (yang berarti semua delapan core dapat beroperasi secara bersamaan). Perangkat ini dipasangkan dengan unit grafis Mali-T760 dan kecepatan RAM 3GB LPDDR4.

Di sisi lain, LG G3 mengggunakan Snapdragon 801 SoC. Meskipun bukan sesuatu yang baru, tapi pada kenyataannya quad-core 32-bit Chip Qualcomm, dengan core Krait dan Adreno 330 GPU, menawarkan kinerja yang layak. Bahkan mampu mendukung permainan dan konten video dengan kualitas 4K.
komparasi
Di sisi memori, LG G3 dilengkapi dengan 2GB (untuk model internasional) atau 3GB RAM LPDDR3 (untuk model Korea). Ini harus dikatakan bahwa kedua kinerja acuan dan daya tahan baterai yang biasa-biasa saja untuk smartphone kelas high-end.

Samsung Galaxy S6 memamerkan kartu truf lain melalui LG G3. Ponsel ini memiliki UFS 2.0 flash memory, yang kira-kira 2,7 kali lebih cepat dari LG G3 dan perangkat lainnya saat ini. Berkat itu, kinerja memori Galaxy S6 menjadi lebih cepat.

Kamera


Samsung telah membangun reputasi yang solid di sekitar kemampuan kamera smartphone. Resolusi kamera utama Galaxy S6 adalah 16MP, dan sensor cam Sony IMX240 dengan 1/2.6 piksel dan aperture F1.9 yang luas. Ditambah lagi dengan optical image stabilization, real-time HDR, white balance inframerah, dan pelacakan auto-focus untuk kamera video. Sedangkan untuk kamera depan 5MP sehingga cocok mengambil gambar selfie.

Di siang hari, foto-foto tajam bisa dihasilkan Galaxy S6, yang berasal dari kamera utamanya. Keseimbangan warna hangat, membuat gambar nyaman di mata.

Di dalam ruangan, gambar kehilangan beberapa rincian tetapi handset dapat tetap mempertahankan keseimbangan antara ketajaman dan kehalusan. Warna-warna sebagian besar netral.

Sedangkan LG G3 mungkin terdengar kurang mengesankan dengan resolusi rendah. Kamera utama 13MP yang dilengkapi dengan 1/3.06 piksel seukuran dan aperture lebih kecil (F2.4). Sedangkan kamera depannya hanya 2.1MP. Namun dalam praktek, keduanya sungguh-sungguh pemain yang tidak mengecewakan.

Adapun kualitas video, baik Galaxy S6 dan LG G3 menawarkan hingga resolusi video rekaman 4K dengan frame rate hingga 30fps dan optical image stabilization. Sehingga pemandangan lebih jelas dan stabil dari kamera utama mereka.
komparasi
Kualitas gambar sangat baik di keduanya. Namun Galaxy S6 beroperasi lebih cepat berkat proses UFS 2.0 flash memory. Dari membuka aplikasi untuk menyimpan video dan melihat display dengan resolusi tinggi.

Selain itu, unggulan Samsung dapat merekam video 1.080p pada 60fps dari kamera utama. Fitur LG G3 memiliki kekurangan secara default, meskipun aplikasi pihak ke-3 menawarkan solusi untuk itu.

Secara kesimpulan perbandingan kamera, LG G3 mengambil foto dan video di siang hari benar-benar layak. Kinerja cahaya rendah pada sebagian besar waktu. Tapi Galaxy S6 melakukan segala sesuatu lebih baik. Foto lebih rinci di situasi cahaya berbeda, dan video juga terlihat lebih baik.

Selain itu, smartphone ini sangat cepat untuk meluncurkan aplikasi kamera, dan menawarkan tingkat kontrol lebih baik. Sebagai perbandingan, aplikasi kamera LG G3 benar-benar otomatis, dan karenanya sangat terbatas.

Baterai

Samsung Galaxy S6 membawa baterai 2550mAh. Ini mungkin tidak terdengar sangat meyakinkan di atas kertas, dan terus terang, dengan SoC 14nm buatan diharapkan efisiensi energi lebih baik dari Sammy hot-shot andalannya. Galaxy S6 mampu bertahan 7 jam dan 14 menit pada layar penggunaan.

Unggul satu jam dari apa yang dimiliki LG G3. Meskipun LG memiliki kapasitas baterai besar yakni 3000 mAh. Tapi kinerja baterai bertahan 6 jam dan 14 menit digunakan pada layar dalam tes khusus.

Baik Galaxy S6 dan LG G3 memiliki pengisian nirkabel, tetapi pemilik G3 harus membeli case khusus atau opsional pengganti panel belakang, untuk menikmati fungsi tersebut. Pengisian nirkabel asli hadir pada Galaxy S6, meskipun Samsung tidak bundel pada pengisian pad nirkabel smartphone. Selain itu, fitur teknologi pengisian Galaxy S6 cepat, yang membuat baterai bertahan hingga 4 jam pemakaian, hanya diisi selama 10 menit.

Tapi belum jelas seperti apa acuan penggunaan Samsung. LG G3 tidak menawarkan manfaat tersebut, tetapi secara teoritis membuat ini dengan baterai mudah swappable nya. Anda bisa menikmati semua fitur G3 dalam kondisi baterai terisi penuh.

Dapat diambil kesimpulan, Galaxy S6 lebih dapat diandalkan dalam hal baterai dan kecepatan pengisian. Selain itu juga diaktifkan dengan pengisian nirkabel.
komparasi

Dari semua perbandingan kedua ponsel ini, dikembalikan dengan Anda. Apa yang diinginkan dari sebuah smartphone dan disesuaikan dengan kebutuhan.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6643 seconds (0.1#10.140)