Dukung Program 35 Ribu Megawatt, ExxonMobil Edukasi Siswa SMK

Senin, 13 Juli 2020 - 11:01 WIB
loading...
Dukung Program 35 Ribu Megawatt, ExxonMobil Edukasi Siswa SMK
Dukung program pemerintah 35 Ribu Megawatt, ExxonMobil Edukasi para siswa SMk. FOTO/ ISt
A A A
WASHINGTON - Pemerintahan Presiden Jokowi pada periode 1 yang lalu,telah berkomitmenpada sektor energi untuk merealisasikan penyediaan listrik sebesar 35.000 Megawatt (MW). Program tersebut masih terus bergulir sampai dengan tahun 2020 ini, dan tahun-tahun kedepan.

Tujuan utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat dengan jumlah yang cukup dan dengan kualitas yang baik, serta memperluas akses terhadap layanan listrik yang sekaligus diharapkan dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun dalam perjalananannya, pengembangan ketenagalistrikan khusus pembangkit dihadapkan pada sejumlah kendala seperti perizinan,dan pembebasan lahan, serta jumlah sumber daya manusia (SDM) seperti teknisi yang jumlahnya belum memadai, dan belum memenuhi standar. Inilah salah satu masalah yang perlu sama-sama ditangani baik oleh pemerintah, maupun perusahaan swasta yang memang memiliki hubungan dengan sektor energi.

PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) hadir sebagai bentuk kepeduliannya,dan dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menghadirkan penyediaan listrik 35.000 MW, dengan memberikan program edukasi berupa materi pengenalan dasar awal pelumasan untuk pembangkit listrik, yang diberikan kepada sejumlah siswa SMK mulai bulan Juni 2020 lalu.

Program ini juga bertujuan memberikan bekal kepada para siswa mengenai dasar awal pentingnya pelumasan pada mesin, guna menjadi seorang profesional ketika lulus dari SMK nantinya.

Untuk tahap awal PT EMLI bekerjasama dengan beberapa SMK diantaranya SMK ORA et LABORA (Oel), SMK Don Bosco, dan BLK Don Bosco. Karena keterbatasan waktu dan tempat akibat dampak pandemi yang belum juga usai, program ini disajikan melalui web seminar (Webinar). Konsep webinar yang disajikan dikemas denganmenarik daninteraktif.

Materi pada program kali ini diberikan oleh pemateri yang memang ahli dalam bidangnya, dan para siswa juga dapat langsung bertanya pada kolom chat boxyang disediakan, dan langsung mendapatkan jawaban yang lengkap dari pemateri lain yang memang bersiap dalam menjawab pertanyaanselama sesi pemaparan program berlangsung.

Eben Tambunan selaku Market Development Manager PTEMLI mengatakan EMLI harap program-program ini dapat secara rutin kami lakukan. Karena pengenalan dasar-dasar pelumasan sangat penting dipahami oleh para siswa guna memberikan mereka bekal ilmu pengetahuan untuk bersiap menjadi seorang profesional selepas lulus dari SMK.

''Kami juga berharap,ini dapat memberikan nilai positif bagi perusahaan kami, bahwa PT EMLI juga mendukung program-program pemerintah, salah satunya pada sektor energi, dan jugalangkahawalini kedepannyabisa menjadi penghubung bagi siswa SMK yang lulus,dan berkompeten dengan perusahaan yang sejenis.” jelasnya dalam keterangan persnya di Jakarta Senin 13/7/2020.

Sementara itu Br. Ephrem Santos, SDB selaku Chairman SMK OeL Executive Committee mengatakan Selamat atas webinar yang telah dilakukan, mengenai dasar pelumasan untuk para siswa Sekolah Menengah Teknis.

'' Kami mengakui upaya inovatif PT EMLI dalam mempersiapkan teknisi pemula, untuk mengetahui dan menghargai produk pelumasan yang digunakan dalam industri. Konten tersebut sesuai untuk tingkat kompetensi mereka, dan mudah-mudahan ini dilanjutkan untuk tingkat kompetensi selanjutnya. Mewakili pesertadari tiga institusi (SMK Ora et Labora, SMK Don Bosco dan BLK Don Bosco), kami berterima kasih kepada PT EMLI atas inisiatif, kolaboratif ini.” tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1797 seconds (0.1#10.140)