Google Janji Benamkan Investasi Rp144,6 Triliun untuk India

Selasa, 14 Juli 2020 - 07:26 WIB
loading...
Google Janji Benamkan Investasi Rp144,6 Triliun untuk India
Google juga menambahkan investasi belasan juta dolar AS pada platform pendidikan India. Tujuannya, membantu menciptakan konten berkualitas tinggi di India. Foto/ist
A A A
MOUNTAIN VIEW - Google baru saja menuntaskan penyelenggaraan acara "Google untuk India" secara virtual. Kegiatan ini menginformasikan banyak banyak langkah Google di T anah Hindustan , termasuk dana digitalisasi USD144,6 triliun khusus untuk India.

Selain itu, kemitraan dengan program pelatihan Dewan Pendidikan Negara (CBSE), Rp14,5 triliun untuk pembelajaran jarak jauh. Dan masih lebih banyak lagi kerja sama yang diumumkan.

Terkait investasi Rp144,6 triliun dalam dana digitalisasi, Sundar Pichai dalam tweet-nya mengatakan, "Kami bangga mendukung visi PM Narendra Modi untuk Digital India".

Melalui dana ini, perusahaan bertujuan membantu meningkatkan ekonomi digital India lebih jauh lagi. Ini akan mempercepat adopsi layanan digital dalam lima tahun ke depan.

Bersamaan dengan itu, Google memperluas kemudahan berbisnis melalui layanan seperti Google Pay.

Sebagai permulaan, Google untuk India adalah acara tahunan Google yang biasanya membuat pengumuman tentang produk dan layanan yang melayani audiens regional.

Laman Giz China melaporkan, Pichai juga mengatakan, investasi akan dilakukan dalam bentuk investasi ekuitas, kemitraan, dan investasi operasional, infrastruktur dan ekosistem. Fokus dana akan berada pada empat bidang utama sebagai berikut:
1. Untuk memungkinkan akses dan informasi yang terjangkau kepada warga negara melalui bahasa masing-masing seperti bahasa Hindi, Tamil, Punjabi, atau lainnya.
2. Bangun produk dan layanan yang relevan dengan kebutuhan negara.
3. Untuk memberdayakan lebih banyak bisnis saat mereka terus memulai transformasi digital mereka.
4. Untuk memanfaatkan teknologi dan AI untuk kebaikan sosial di bidang-bidang seperti Pertanian, Pendidikan dan Kesehatan.

Selain itu, Google juga mengatakan bahwa Android telah berkontribusi terhadap 1,6 juta pekerjaan di India, menurut laporan ICEA. Ini meluncurkan seri edutainment baru untuk UMKM (Usaha Kecil dan Menengah) dalam kemitraan dengan Prasar Bharati.

Seri ini akan fokus pada bagaimana mengadopsi alat digital dan beradaptasi dengan situasi sekarang menggunakan contoh untuk bisnis secara nyata dalam upaya untuk membuatnya menjadi digital. Ini diikuti oleh proyek “Teach from Home Hub” untuk Guru dan siswa.

Menurut proyek tersebut, hub yang terlokalisasi akan disiapkan untuk guru dan siswa agar memiliki konektivitas tanpa batas. Dengan demikian, Hub menawarkan semua materi studi di satu tempat.

Google juga menambahkan investasi belasan juta dolar AS pada platform pendidikan lokal. Tujuannya membantu menciptakan konten berkualitas tinggi di India.

Bermitra dengan CBSE pemerintah, Google mengumumkan itu akan memungkinkan 1 juta guru dan 22.000 sekolah di seluruh India untuk "menggabungkan pendekatan kelas dengan pembelajaran online". Pembelajaran online akan dilakukan dengan menggunakan alat gratis seperti G Suite, Google Classroom, YouTube, dan lainnya pada tahun 2020.

Sebagai kesimpulan, Menteri Komunikasi, Elektronik, dan TI India, Ravi Shankar Prasad menyambut baik langkah investasi besar Google. Setelah itu, Hibah USD1 Juta melalui dana Global Distancing untuk membantu para guru menyampaikan pendidikan virtual bagi siswa juga diumumkan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1662 seconds (0.1#10.140)