alexametrics

Ini Alasan NASA Gunakan Plutonium untuk Tenagai Rover Mars Perseverance

loading...
Ini Alasan NASA Gunakan Plutonium untuk Tenagai Rover Mars Perseverance
Untuk Rover Mars Perseverance, NASA beralih ke plutonium dalam sebuah sistem yang disebut Multi-Mission Radioisotope Thermoelectric Generator (MMRTG). Sumber tenaga ini dapat memberi daya pada pesawat ruang angkasa selama sekitar 14 tahun. Foto/ist
HOUSTON - Sebuah pesawat ruang angkasa hanya sekuat sumber dayanya. Itulah sebabnya NASA merancang Rover Mars Perseverance dengan plutonium radioaktif, bukan sel Matahari. (Baca juga: NASA Luncurkan Mars Rover, Pencarian Makhluk Luar Angkasa Dimulai)

Plutonium yang "diledakkan" tersebut tidak dalam bentuk sama seperti yang digunakan untuk senjata. Plutonium itu terlindungi dengan baik jika ada sesuatu yang salah selama peluncuran. Unit-unit plutonium ini merupakan sumber daya yang kuat untuk pesawat ruang angkasa, sebut saja Curiosity NASA yang beroperasi pada tenaga yang sama.



"NASA suka menjelajah, dan kami harus menjelajahi di beberapa lokasi yang sangat jauh, lokasi berdebu, lokasi gelap dan lingkungan yang keras," kata June Zakrajsek, pakar bahan bakar nuklir di Pusat Penelitian Glenn NASA di Ohio, AS kepada wartawan di Departemen Energi (DOE) tentang misi Perseverance.

Lebih lanjut dia menjelaskan, ketika kita berada di lingkungan seperti itu, energi Matahari kadang-kadang tidak memberikan kekuatan yang dibutuhkan. "Cahaya tidak sampai ke lokasi seperti yang kita perlukan," katanya seperti dikutip dari Space.com.



Beberapa misi NASA ke Mars telah menggunakan energi Matahari. Salah satunya pendarat InSight yang saat ini beroperasi di Planet Merah yang memiliki panel surya, seperti yang dilakukan penjelajah kembat Spirit dan Opportunity awal abad ini.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak