alexametrics

Gawat, NASA Sebut Rover Mars Perseverance Bermasalah di Luar Angkasa

loading...
Gawat, NASA Sebut Rover Mars Perseverance Bermasalah di Luar Angkasa
Ilustrasi Rover Mars Perseverance dalam mode pelayaran setelah diluncurkan ke luar angkasa. Rover diluncurkan ke Mars pada 30 Juli 2020 dan akan tiba pada di Planet Merah tanggal 18 Februari 2021. Foto/NASA/JPL-Caltech
HOUSTON - NASA merayakan keberhasilan peluncuran Rover Mars tercanggihnya kemarin, bahkan ketika para insinyur mengatasi masalah yang membuat pesawat ruang angkasa tersebut dalam "mode aman" tak lama setelah lepas landas. (Baca juga: NASA Luncurkan Mars Rover, Pencarian Makhluk Luar Angkasa Dimulai)

Rover Mars Perseverance 2020 diluncurkan menuju Planet Merah pukul 07.50 waktu setempat, mengendarai roket Atlas V ke ruang angkasa dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral, Florida. Penjelajah itu mengalami gangguan komunikasi ringan dan suhu setelah peluncuran, tapi masalah itu diperkirakan tidak akan merusak misi secara keseluruhan, kata pejabat NASA.



"Itu adalah peluncuran yang luar biasa, tepat waktu," kata Administrator NASA, Jim Bridenstine, selama konferensi pers pascapeluncuran.

"Kurasa kita dalam kondisi sangat baik. Itu hari yang hebat bagi NASA," katanya lagi.



Tak lama setelah konferensi, NASA mengkonfirmasi bahwa Rover Mars Perseverance menyelinap ke "mode aman", karena perbedaan suhu yang tidak terduga.
halaman ke-1 dari 3
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak