alexametrics

Chip Huawei Kirin 1020 5nm Lebih Besar dan Mahal Dibanding Apple A14

loading...
Chip Huawei Kirin 1020 5nm Lebih Besar dan Mahal Dibanding Apple A14
Laporan terbaru mengklaim semua chip yang dibutuhkan Huawei tahun ini akan tersedia pada pertengahan September. Ini terlepas dari proses pembuatan (5nm, 7nm, atau 16nm, atau 28nm). Foto/ist
SHENZHEN - Raksasa manufaktur China, Huawei, saat ini sedang mengerjakan seri Huawei Mate 40. Smartphone unggulan ini akan tiba dengan chip 5nm mendatang dari Huawei. (Baca juga: Huawei P50 Adopsi Snapdragon 875G, Mate 40 Tersedia dalam Dua Varian Chip)

Jika semua berjalan sesuai rencana, chip Huawei Kirin 5nm akan tiba pada bulan September. Selain itu, seri Huawei Mate 40 akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan chip tersebut. Menurut spekulasi, chipset akan disebut sebagai Huawei Kirin 1020. Namun, tidak ada konfirmasi resmi dari nama ini.
Chip Huawei Kirin 1020 5nm Lebih Besar dan Mahal Dibanding Apple A14

Menurut laporan Weibo baru-baru ini, harga chip Kirin 5nm yang baru antara Apple A14 dan Apple ARM CPU. Pernyataannya menunjukkan bahwa Huawei Kirin 1020 akan lebih mahal daripada Apple A14. Namun, itu akan lebih murah daripada Apple ARM CPU. Selanjutnya, ukuran Huawei Kirin 1020 berada di antara kedua chipset Apple.



Namun, desain chip Kirin HiSilicon, ukuran chip, dan harga bukanlah fokus utama dari Huawei. Saat ini, HiSilicon tidak berada di bawah tekanan untuk menghasilkan keuntungan. Oleh karena itu, untuk produk dengan level yang sama, ukuran chip prosesor HiSilicon umumnya lebih besar daripada MediaTek dan Qualcomm.
Chip Huawei Kirin 1020 5nm Lebih Besar dan Mahal Dibanding Apple A14

Tidak mengherankan, seri Mate 40 Huawei akan meluncurkan chip 5nm Kirin 1020. Ini akan menjadikan seri tersebut menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan chip 5nm. Karena iPhone 5G Apple mungkin mengalami beberapa penundaan, hampir pasti bahwa Huawei akan menjadi yang pertama menggunakan chip 5nm.

Giz China menyebutkan, laporan terbaru mengklaim semua chip yang dibutuhkan Huawei tahun ini akan tersedia pada pertengahan September. Ini terlepas dari proses pembuatan (5nm, 7nm, atau 16nm, atau 28nm). Bahkan chipset TWS headset Bluetooth yang dikembangkan oleh HiSilicon siap sebelum pertengahan September.



Pengiriman semua chip Huawei untuk tahun ini berjalan dengan lancar. Awalnya, ada laporan bahwa Huawei akan menunda produksi massal ponsel Mate 40 andalannya. Namun, laporan itu ternyata salah.

Meskipun ada larangan Huawei oleh pemerintah Amerika, perusahaan itu tampaknya berjalan cukup baik. Meskipun AS tidak akan membatalkan larangannya terhadap Huawei dalam waktu dekat, perusahaan akan merilis ponsel Mate 40 dengan proses Kirin prosesor 5nm sesuai jadwal pada bulan Oktober. (Baca juga: Cerita Kurban Artis, dari Sewa Lapangan Khusus hingga Gelar Rapid Test)

Pada kuartal keempat 2020, Huawei akan memasok sekitar 8 juta unit seri Huawei Mate 40. Ini akan semakin meningkatkan kinerja Huawei di pasar ponsel cerdas.
(iqb)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak