Fakta-Fakta Pendiri Stripe, John dan Patrick Collison

Selasa, 09 Januari 2018 - 14:35 WIB
Fakta-Fakta Pendiri Stripe, John dan Patrick Collison
Fakta-Fakta Pendiri Stripe, John dan Patrick Collison
A A A
JOHN dan Patrick Collison adalah dua bersaudara yang mendirikan platform pembayaran online Stripe pada 2011. Keduanya terobsesi terhadap teknologi dan coding. Mereka memperkaya pengetahuan secara otodidak, membeli sebuah buku tentang pemrograman, sampai akhirnya membuat disrupsi lewat Stripe.

Pada November 2016, Stripe menutup pendanaan sebesar USD150 juta, yang membuat valuasi bisnis mereka mencapai USD9,2 miliar. Transaksi membuat Collison bersaudara menjadi miliarder termuda di dunia. Tiga tahun lalu, karyawan Stripe hanya 80 orang. Sekarang jumlahnya mencapai 750 orang.

Ide untuk membuat Stripe menetas saat John dan Patrick berlibur ke Afrika Selatan. Saat itu John masih berkuliah di jurusan fisika di Harvard. Stripe resmi jadi perusahaan pada 2010.

Meski usianya masih muda, Stripe bukan sukses pertama Collison bersaudara. Sebelumnya mereka mendirikan Auctomatic, platform yang membantu mengelola transaksi untuk penjual di situs seperti Amazon dan eBay. Bisnis tersebut dijual ke Live Current Media seharga USD5 juta pada 2008. Saat itu pun mereka sudah menjadi jutawan remaja.

(Baca Juga: Kakak Beradik asal Irlandia Jadi Miliader lewat 7 Baris Code
(Baca Juga: John dan Patrick, Bagaimana Rasanya Jadi Miliuner di Usia Muda?
John dan Patrick lahir dan besar di pedesaan dekat Limerick, Irlandia, di mana orang tua mereka mengelola hotel di tepi danau. Berikut ini fakta mengenai kakak-beradik tersebut:

A. John Collison (Co-founder Stripe)
  • Lahir Irlandia pada 1990
  • Pendidikan: drop out Harvard University
  • John Collison mulanya bersekolah di Castletroy college, setelah ia lulus, ia melanjutkan di Harvard university pada 2009 namun tidak sampai selesai. Selain sangat cerdas dan mahir coding, John juga seorang pilot dan pianis yang cukup andal.
B. Patrick Collison (Co-founder Stripe)
  • Lahir Irlandia pada 1988
  • Patrick sudah memenangkan penghargaan Young Scientist and Technology Exhibition di usia enam belas tahun. Dia tinggal di San Francisco, California. Ia adalah anak tertua dari tiga bersaudara (dua adik laki-laki, John dan Tommy). Patrick mengikuti kursus komputer pertamanya saat berusia delapan tahun di University of Limerick dan mulai belajar pemrograman komputer di usia sepuluh tahun.
Fakta Collison Bersaudara
  • Meja kerja Patrick penuh dengan buku. Kebanggaannya adalah The Dream Machine, buku tentang J.C.R. Licklider, teknologist yang mengkonseptualisasikan dan mendanai awal internet. Patrick sangat menyukainya sehingga dia membeli hak dan membayar untuk menerbitkan ratusan kopi untuk karyawan dan tamu.
  • Wallpaper di komputernya menampilkan jam hitung mundur untuk hidupnya: dia memiliki 52 tahun dan beberapa hari lagi. "Ini perkiraan yang sangat kasar, tapi ini mengingatkan Anda bahwa Anda cepat tua," katanya.
  • John dan Patrick sama-sama cinta buku dan bergaya hidup sederhana. Keduanya juga kutu buku. Bahkan menggambarkan hal-hal dalam istilah komputasi. Patrick menjelaskan minimnya pengetahuan budaya pop mereka. "Saya tidak pernah menonton TV. Bukannya saya tidak menikmati TV. Jika saya memiliki waktu yang tak terbatas, saya akan menontonnya," katanya.
  • Di akhir pekan, John membayar mahasiswa Stanford untuk mengajarinya tentang hukum. Sementara Patrick memiliki guru fisika.
  • Keduanya sama-sama hobi terbang dan seorang pilot berlisensi.
  • Ketika tidak terbang, hobi mereka adalah lari dan bersaing di Strava, jejaring sosial untuk mereka yang hobi lari.
  • Kekayaan: USD1,1 miliar.


(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9381 seconds (0.1#10.140)