Ngebut, Kecepatan Portable SSD WD Digital Tembus 1 GB/Detik!

loading...
Ngebut, Kecepatan Portable SSD WD Digital Tembus 1 GB/Detik!
WD Digital mengenalkan My Passport SSD yang lebih cepat untuk kebutuhan content creator menyimpan file foto dan video.
JAKARTA - Portable Solid State Drive (pSSD) lebih baik dibanding Portable Hard Disk Drive dalam segala hal. Satu-satunya yang membuat adopsinya masih relatif rendah adalah harganya yang relatif masih mahal. BACA JUGA :Layar Ponsel Muncul di Laptop, Ini Fitur Nyeleneh Galaxy Note20 Ultra

Selama beberapa tahun terakir Portable HDD diminati karena kepraktisannya untuk menyimpan data secara mobile. Mulai menyimpan file foto dan video, musik, hingga dokumen pekerjaan.

Tapi, kini ada teknologi baru yang jauh lebih baik dibanding Portable HDD dalam segala hal. Yakni, pSSD. ”SSD ini sudah banyak diadopsi sebagai penyimpanan internal di dalam PC. Sekarang, trennya berubah. SSD dikemas eksternal. Sama seperti HDD portable, tapi menggunakan SSD di dalamnya,” kata Sales Manager Western Digital Soetrisno Poerwadi.

Menurut Soetrisno, permintaan SSD saat ini semakin meningkat. ”Konsumen sebenarnya sudah sadar akan benefit SSD. Apalagi, sebagian besar notebook/laptop yang dijual saat ini sudah mengadopsi SSD. Karena itu, saya opitimistis kategori ini akan bertumbuh,” katanya.

Western Digital Corporation (WDC) sendiri bukan nama baru di Indonesia. Produk portable HDD MyPassport mereka sangat populer. Bahkan, mereka juga memiliki divisi WD Black yang berfokus kepada perangkat untuk gamers dan streamers. Juga SanDisk (diakuisisi WDC pada 2016) yang fokusnya di microSD atau SD Card.

Keuntungan SSD Dibanding HDD
Ngebut, Kecepatan Portable SSD WD Digital Tembus 1 GB/Detik!

Soetrisno menyebutt bahwa SSD memberi banyak keuntungan dibanding SSD. Pertama, kecepatan transfer file dari laptop ke portabel SSD jauh lebih cepat dibanding HDD. Kedua, ukuran SSD juga ringan dan kompak sehingga mudah dibawa-bawa saat bepergian.

Ketiga, SSD tidak memiliki “moving part” atau komponen bergerak di dalamnya. Sehingga lebih kokoh terhadap benturan, bahkan terjatuh dari ketinggian. ”Terakhir, SSD hanya membutuhkan daya yang relatif lebih kecil. Sehingga tetap dingin saat dipakai,” katanya.

pSSD ini menargetkan ”everyday user” atau pengguna umum. Namun, jika dikerucutkan lagi, segmennya adalah pebisnis profesional dan komunitas kreatif seperti content creator. ”Karena mereka yang biasanya butuh kapasitas penyimpanan tambahan selain di laptop atau komputer yang kapasitasnya terbatas. Sementara sehari-harinya mereka bergelut dengan file berukuran besar seperti video 4K,” ujar Soetrisno.

BACA JUGA:Berburu Foto Malam dengan Galaxy Note20 Ultra, Hasilnya Mengejutkan…

Kecepatannya Tembus 1 GB/Detik
Sebenarnya pSSD sendiri bukan produk baru. Western Digital sudah pernah merilis WD My Passport SSD Portable 512 GB pada 2018. Perangkat tersebut memiliki kecepatan baca 540 MB/detik, dengan opsi kapasitas penyimpanan 256 GB, 512 GB, 1 TB, dan 2 TB.

Nah, sekarang, Western Digital merilis dua model baru WD My Passport SSD Portable. Yakni WD My Passport Go. Kecepatan bacanya 400 MB/detik (2,5 kali lebih cepat dibanding HDD standar), juga memiliki bumper pelindung karet di bodinya. Klaimnya, tahan benturan hingga ketinggan 2 meter.

Selain itu, ada juga model premium My Passport SSD 2020, yang memiliki kemampuan transfer super cepat serta dukungan proteksi password. Klaimnya, memiliki kecepatan baca 1050 MB/detik dan tahan benturan hingga 1.98 meter. ”Teknologi NVMe milik Western Digital membuat kecepatan transfer jadi cepat sekali,” ujar Soetrisno.

BACA JUGA :Segudang Cara Seru Bermain dengan Galaxy Note20 Ultra

Banderolnya sendiri mulai Rp1.899.000 untuk 500 GB, Rp2.999.000 untuk 1 TB, dan Rp6.299.000 untuk 2 TB dengan opsi warna abu-abu, merah biru dan emas. Semua tipe My Passport SSD sudah kompatibel dengan OS Windows atau Mac karena menggunakan format exFAT.

Soetrisno sendiri mengakui jika melihat harga dibanding kapasitas, SSD memang jauh lebih mahal dibandingkan HDD. ”Karena teknologinya masih relatif baru. Pengguna SSD akan mengincar fitur seperti kecepatan dan daya tahan. Sedangkan pengguna HDD lebih memilih faktor ekonomis dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar,” katanya.
(dan)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
KOMENTAR ANDA
Top