Ajaib, Honda Jazz Berhasil Diubah Jadi Mobil Offroad

Kamis, 08 Oktober 2020 - 04:06 WIB
loading...
Ajaib, Honda Jazz Berhasil Diubah Jadi Mobil Offroad
Honda Jazz mendapatkan banyak perubahan krusial agar memenuhi spek offrod Foto /IST
A A A
JAKARTA - Honda Jazz sejatinya adalah sebuah mobil perkotaan dengan ekor atau dikenal dengan nama city car hatchback. Fungsinya memang untuk kebutuhan praktis perkotaan. Tapi bagaimana jika fungsinya diganti menjadi mobil petualang?

Hal itu yang ada di pikiran Jefferson Palma saat pertama kali memiliki Honda Jazz keluaran tahun 2015. Sama sekali dia tidak pernah berpikir mengubah mobilnya jadi mobil offroad. Hanya saja dia merasa "salah jalan" karena memodifikasi mobil barunya itu dengan gaya modif super ceper dengan ban berukuran besar yang tipis. (Baca juga : Modifikator Indonesia Menembus Pasar Modif Dunia, Mungkinkah? )

Alih-alih tampil keren dia justru kerepotan karena sering mengalami banyak hal tidak mengenakkan karena gaya itu. Dari situlah Jefferson berpikir untuk saatnya kembali ke jalan yang benar.

Masalahnya jalan yang benar itu bukan berarti jalan yang benar atau kembali membuat mobilnya normal. Alih-alih dia justru mencoba modifikasi lain yang tidak kalah brutal yakni membuat Honda Jazz jadi kendaraan off-road. "Daripada dipakai buat bergaya, lebih baik mengendarainya untuk berpetualang," ucap Jefferson.

Pria asli Filipina itu memang benar-benar serius mewujudkan impiannya itu. Dia memang tahu kalau idenya terlalu liar hanya saja setiap mobil bagi dia bisa untuk jadi kendaraan off-road dengan syarat memenuhi spesifikasi yang diperlukan.

Ajaib, Honda Jazz Berhasil Diubah Jadi Mobil Offroad


Misalnya ground clearance yang tinggi. Hal inilah yang pertama kali dilakukan Jefferson dengan menaikkan ground clearance Honda Jazz miliknya. Masalahnya Honda Jazz hanya menoleransi peninggian ground clearance hingga 5 inci jadi Jefferson harus mengatasi masalah itu. Caranya dengan menambah body lift kit baru. Penambahan ini membuat ban depan bisa naik tiga inci dan ban belakang naik empat inci. Memang akibat penambahan ini mobil akan jadi lebih kaku namun masih tetap bisa dikendarai dengan baik.

Langkah selanjutnya adalah mengganti ban menjadi ban off-road. Jefferson mengaku kesulitan memilih ban karena dia tidak pernah menemukan orang yang sudah pernah mendandani Honda Jazz untuk kegiatan off-road. Otomatis dia harus riset sendiri dan akhirnya memutuskan menggunakan ban Kenda Klever dengan ukuran 225/75-60. Ban ini merupakan ban standar off-road yang dgunakan oleh Chevrolet Silverado dan Dodge Ram.

Nah untuk memasan ban itu ke Honda Jazz itulah yang jadi pekerjaan berat. Pasalnya ban itu memang didedikasikan untuk mobil besar. Bayangkan, normalnya Honda Jazz hanya menggunakan ban berukuran 15 inci, tapi ban yang dipilih Jefferson berukuran 30 inci atau dua kali lipatnya.

Mau tidak mau Jefferson harus memotong badan Honda Jazz agar ban itu masuk. Fender depan dan belakang mobil dipotong habis 5 inci. Dia juga melepas fender lines yang ada di bagian bawah. Kenekatan itu akhirnya terbalas karena ban terpasang sempurna. (Baca juga : Volkswagen, Merek yang Sering Dibuat Tato Penggemar Otomotif )
Ajaib, Honda Jazz Berhasil Diubah Jadi Mobil Offroad
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)