Ini Dia Truk Monster Pembawa Rudal Raksasa Milik Korea Utara

Minggu, 11 Oktober 2020 - 09:33 WIB
loading...
Ini Dia Truk Monster Pembawa Rudal Raksasa Milik Korea Utara
Truk WS51200 mengangkut rudal balistik berukuran raksasa di parade militer Korea Utara. Foto / Rodong Sinmun
A A A
JAKARTA - Korea Utara baru saja menggelar parade militer menyambut ulang tahun ke-75 Partai Buruh Korea. Tidak main-main dalam parade itu, Korea Utara memamerkan seluruh persenjataan dan tentara mereka. Bintang dari parade militer itu yang jadi pusat pembicaraan adalah rudal balistik raksasa yang bisa melintasi antar benua.

Saking besarnya rudal balistik raksasa itu harus digendong sebuah truk yang ukurannya juga monster. Truk dengan 11 as itu memang khusus dibuat untuk kebutuhan khusus seperti mengangkut rudal balistik berukuran raksasa hingga senjata nuklir. (Baca juga : Ini Dia Teknologi Otomotif yang Mencoba Mengatasi Covid-19 )

Truk yang diberi kode WS51200 itu memang dibuat khusus untuk Korea Utara meskipun aslinya truk itu bukanlah asli buatan Korea Utara. Wanshan Special Vehicle adalah perusahaan yang bertanggungjawab untuk truk-truk WS51200.

Awalnya Wanshan hanya membuat kendaraan-kendaraan khusus untuk kebutuhan militer Republik Rakyat China (RCC) mulai dari kendaraan 4x4 hingga truk besar yang digunakan untuk membawa rudal.

Namun pada 2011 mereka meluaskan pasar ke Korea Utara setelah ketahuan mengimpor sebanyak 8 truk dengan kode WS51200. Saat itu mereka disinyalir melakukan pelanggaran karena mengirimkan 8 truk raksasa itu dengan identifikasi truk pengangkut kayu pohon. (Baca juga : Ada Banyak Alasan Volkswagen Segera Membuang Bugatti )

Dunia pun terkejut karena pada 2012, Korea Utara memamerkan rudal balistik mereka, Hwason 13 dengan menggunakan truk-truk tersebut.

Hampir satu dekade berselang, Korea Utara kini memamerkan lagi WS51200 dengan mengangkut rudal balistik terbaru yang ukurannya semakin membesar.

Truk WS51200 memang memiliki spesifikasi monster. Truk ini mampu mengangkut beban hingga 80 ton. Untuk menggerakkan truk monster itu, WS51200 dilengkapi dengan mesin diesel buatan Cummins KTTA19-C700 lengkap dengan turbo. Mesin itu mampu menggelontorkan tenaga sebesar 700 daya kuda.

Seluruh tenaga itu tidak disalurkan ke seluruh roda yang ada di 11 as. Hanya 3 as di bagian depan dan tiga as bagian belakang yang bisa digerakkan oleh tenaga tersebut. Hal itu dilakukan guna memudahkan pengemudi truk monster itu untuk memutar truk.

Dari segi desainnya truk itu juga sangat sederhana. Hanya ada empat pintu tersedia di truk tersebut yang bisa diakses oleh keempat tentara Korea Utara. Keempat tentara itu memiliki tugas masing-masing dua orang bergantian menyetir sedangkan dua orang lainnya bertugas untuk operasional rudal balistik raksasa.

Jangan berharap truk monster ini ditemukan di negara-negara lain. Wanshan hanya mengirimkan truk monster itu ke Korea Utara saja. Sisanya justru menerima truk monster yang ukurannya lebih kecil dibandingkan WS51200. Misalnya WS21200 yang digunakan oleh Pakistan untuk mengangkut rudal Shaheen 3.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)