Volkswagen Pesan 2.200 Robot untuk Produksi Mobil Listrik

loading...
Volkswagen Pesan 2.200 Robot untuk Produksi Mobil Listrik
Volkswagen memesan ribuan robot untuk membuat mobil listrik di tiga pabrik mereka. Foto / Elektrek
JAKARTA - Volkswagen baru-baru ini dilaporkan telah memesan 2.200 robot untuk produksi mobil listrik. Robot-robot itu nantinya akan diperkerjakan di tiga pabrik Volkswagen yang fokus dalam membuat mobil listrik yakni di Emden, Hanover yang ada di Jerman dan Chattanooga di Amerika Serikat.

Rencananya mayoritas robot-robot itu akan dikirimkan ke pabrik di Chattanooga. Sebanyak 1.400 robot akan bekerja keras memproduksi mobil listrik terbaru yakni Volkswagen ID.4. Sementara sisanya akan diberikan ke pabrik di Emden dan Hanover untuk pembuatan mobil listrik Volkswagen ID.BUZZ. (Baca juga : Tesla Akui Bemper Tesla Model 3 Mudah Copot karena Hujan)

Menurut Inside EV, ribuan robot itu dipesan dari dua pabrik yang berbeda yakni perusahaan Jepang, FANUC dan ABB dari Swis. Kehadiran robot-robot itu justru sepertinya akan mengeliminasi beberapa elemen buruh pabrik. Pasalnya seluruh robot akan bertugas membuat badan mobil serta perakitan baterai.

Volkswagen mengatakan nantinya ketiga pabrik tersebut merupakan pabrik termoderen dan tercanggih yang dimiliki oleh Volkswagen. Untuk pengembangan ketiga pabrik itu, Volkswagen dilaporkan telah menggelontorkan dana yang sangat besar yakni sekitar 33 milyar Euro atau setara Rp566 triliun. Rencananya modernisasi ketiga pabrik itu akan selesai pada 2024. (Baca juga : Rambah e-Commerce, Porsche Jakarta Malah Jualan Pernak-pernik)



Volkswagen Pesan 2.200 Robot untuk Produksi Mobil Listrik


"Di pabrik-pabrik itu kami akan mengembangkan dua model yang sangat canggih yang akan memberikan dampak yang sangat besar untuk mobilitas masa depan. Investasi yang kami berikan berupa digitalisasi, teknologi termuktahir dan otomatisasi yang melampaui teknologi yang ada saat ini," jelas Christian Vollmer, Member of the Board of Management of Volkswagen.

Diketahui Volkswagen ID.4 merupakan SUV listrik terbaru yang dibuat oleh Volkswagen dengan menggunakan platform MEB. Platform yang sama juga digunakan Volkswagen dalam memproduksi Volkswagen ID BUZZ. Mobil ini diprediksi akan jadi mobil listrik yang laris karena mengambil elemen mobil klasik Volkswagen Combi yang populer di masyarakat.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top