Torsus Bikin Bus Sekolah Monster Siap Perang dan Berpetualang

Jum'at, 23 Oktober 2020 - 04:58 WIB
loading...
Torsus Bikin Bus Sekolah Monster Siap Perang dan Berpetualang
Torsus Praetorian dibuat menjadi bus sekolah yang memiliki kemampuan khusus di medan berat. Foto / Autoblog
A A A
JAKARTA - Perusahaan otomotif asal Republik Ceko mengejutkan banyak orang karena membuat sebuah bus sekolah yang tidak biasa. Bus sekolah Praetorian justru dibuat sangar sehingga terlihat siap perang dan bisa diajak jalan-jalan ke medan berat.

Basis pengembangan bus sekolah diambil dari basis bus Torsus Praetorian yang pernah diluncurkan Juni lalu. Waktu itu Torsus memang bikin geger karena membuat bus dengan konsep off-road. Dalam peluncurannya Torsus menyediakan bus Praetorian dengan berbagai kebutuhan mulai bus karyawan, bus umum, bus perusahaan tambang dan bus anggota militer. (Baca juga : Mobil Nasional Turki Kerja Sama dengan Perusahaan Baterai China )


Torsus Bikin Bus Sekolah Monster Siap Perang dan Berpetualang


Saat itu Torsus memang seakan lupa membuat bus sekolah. Jadi baru kali inilah bus sekolah monster itu dibuat juga. Lalu apa bedanya dengan bus-bus Praetorian yang lainnya. Tentu saja yang paling mudah terlihat adalah warnanya. Bus sekolah monster dari Torsus itu menggunakan warna khas bus sekolah yang paling dikenal di dunia yakni warna kuning.

Selain itu bus ini juga dilengkapi dengan berbagai perlengkapan khusus seperti rambu-rambu yang bisa menunjukkan tanda ada anak-anak sekolah yang hendak naik atau turun dari bus. Rambu-rambu itu dibuat untuk memperingatkan pengguna jalan agar lebih berhati-hati.

Berbicara soal naik dan turun anak-anak sekolah, bus sekolah Praetorian memiliki ground clearance yang sangat tinggi. Tentu saja hal itu akan sangat merepotkan buat anak-anak sekolah yang masih kecil. Agar lebih mudah naik dan turun, di bus ini Torsus membuat sebuah tangga otomatis agar anak-anak sekolah lebih mudah naik dan turun dari bus.

Torsus Bikin Bus Sekolah Monster Siap Perang dan Berpetualang


Tampilan yang lebih beda lagi adalah penggunaan lampu LED. Kini Torsus menyediakan boks lampu LED berukuran besar di atap mobil. Torsus mengatakan penyediaan lampu itu memang dibuat agar bus sekolah itu bisa digunakan untuk kegiatan di alam bebas. Jadinya bus sekolah itu bisa mengajak anak-anak sekolah datang ke tempat-tempat yang kuat dengan nuansa alam bebas.

Terakhir yang paling beda adalah kursinya. Meski menggunakan kursi yang sama, Torsus justru membuat cover kursi bus sekolah dengan corak khusus yakni rumus-rumus matematika. Sayangnya warna kursi bus ini terlalu gelap tidak terang mengikuti warna eksterior bus.

Selebihnya bus sekolah monster buatan Torsus itu memiliki spesifikasi yang sama dengan bus Praetorian lainnya. Secara dimensi bus ini tetap memiliki wheelbase 4200 mm dengan ground clearance 389 mm yang memungkinkan mereka melewati air setinggi 27,5 inci (700mm) dan melewati kerikil, batu, dan lumpur. (Baca juga : Ini Rahasia Hummer EV Bisa Jalan Seperti Kepiting )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4030 seconds (0.1#10.140)