6 Tips Membeli Motor Baru Kontan Biar Enggak Rugi Lahir dan Batin

Selasa, 27 Oktober 2020 - 01:04 WIB
loading...
6 Tips Membeli Motor Baru Kontan Biar Enggak Rugi Lahir dan Batin
Membeli motor kontan memang lebih direkomendasikan daripada kredit. Salah satu keuntungan membeli motor kontan adalah tidak perlu membayar bunga yang lumayan besar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menjelang akhir tahun, angka penjualan motor baru biasanya menanjak. Karena dealer ramai-ramai menggelar banyak promo menarik atas nama cuci gudang. (Baca juga: Bulan Depan India Siap Menjual Motor Sport Listrik Buatan Sendiri )

Mulai dari potongan harga khusus sampai beraneka macam bonus yang komplit. Apakah Anda adalah konsumen yang baru pertama kali datang ke dealer ? Kalau begitu enggak ada salahnya menyimak beberapa tips membeli motor baru secara cash alias kontan berikut ini yang kami rangkum dari berbagai sumber. Biar enggak rugi lahir dan batin...

Ya, membeli motor secara tunai memang lebih direkomendasikan daripada kredit. Salah satu keuntungan membeli motor kontan adalah tidak perlu membayar bunga yang lumayan besar. Sehingga harga sepeda motor jatuhnya lebih murah.

Tips membeli motor baru kontan:
1. Tahun Spesifikasi Sepeda Motor
Jika ini adalah pengalaman pertama Anda membeli sepeda motor, maka jangan buru-buru datang ke dealer. Sebab, di sana Anda akan ditawari beraneka macam pilihan yang kedengarannya menarik.

Tidak sedikit konsumen pemula yang merasa bingung dan akhirnya salah memilih. Oleh karena itu, coba pikirkan dulu sepeda motor seperti apa yang ingin dibeli. Apakah spesifikasinya sesuai kebutuhan dan budget atau tidak.

Di Google Anda bisa browsing secara lengkap mengenai spesifikasi motor. Mulai dari keluaran lama sampai sepeda motor terbaru. Biasanya juga diberitahu berapa rentang harganya.

2. Melihat Review Motor
Setelah menemukan sepeda motor yang spesifikasinya sesuai kebutuhan dan harganya pas di kantong, sekarang Anda bisa mampir ke YouTube . Lihat bagaimana ulasan YouTuber mengenai sepeda motor tersebut.

Biasanya, mereka berbagi opini apakah kualitasnya sudah cukup bagus menjadi pilihan utama atau masih ada produk lain yang lebih unggul dengan range harga sama. Di dalam video biasa juga disebutkan apa saja keunggulan dan kelemahannya. Sehingga kita bisa lebih yakin dalam menentukan pilihan.

3. Pikirkan Biaya Lain
Tips membeli motor baru secara kontan berikutnya adalah mempertimbangkan biaya lain. Ini terdiri dari pajak kendaraan per tahun dan sparepart jika terjadi kerusakan. Banyak orang yang hanya tergiur dengan sepeda motor, tanpa mau memikirkan biaya perawatannya di kemudian hari.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli motor yang harganya lumayan mahal, apakah di kemudian hari mampu membayar pajak dan mengganti sparepart tanpa kesulitan? Semakin bagus sepeda motor, biaya pajak dan suku cadangnya juga ikut mahal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2149 seconds (0.1#10.140)