Bulan Depan India Siap Menjual Motor Sport Listrik Buatan Sendiri

loading...
Bulan Depan India Siap Menjual Motor Sport Listrik Buatan Sendiri
Dua motor listrik buatan India, Nahak P14 dan Nahak RP46 saat di Auto Expo 2020 beberapa waktu lalu. Foto / IST
INDIA - JAKARTA - Per November nanti India akhirnya punya motor sport listrik buatan sendiri. Disebukan situs Financial Express, Nahak Motors yang berada di bawah naungan Nahak Group mulai menjual motor sport listrik mereka Nahak P14 bulan depan.

Menurut Dr Pravat Kumar Nahah, Chairman Nahak Group, pihaknya telah mendapatkan izin dari pemerintah India untuk menjual bebas motor listrik Nahak P14. Motor sport lisrik itu nantinya bisa dimiliki oleh masyarakat India dengan harga 300.000 Rupee atau setara Rp59,2 juta. (Baca juga : Rezvani TANK Military Edition Setara dengan The Beast Donald Trump)


Bulan Depan India Siap Menjual Motor Sport Listrik Buatan Sendiri


Nahak Motors diketahui pertama kali meluncurkan konsep motor sport listrik mereka itu di ajang Auto Expo 2020 di New Delhi, India. Waktu itu mereka menampilkan dua motor sport listrik Nahak P14 dan Nahak RP46. "Kecepatan maksimal motor Nahak P14 mencapai 120 kilometer per jam. Dalam baterai terisi penuh motor bisa mencapai jarak 150 hingga 180 kilometer per jam," ucap Dr Pravat.



Dia melanjutkan pembuatan motor sport listrik itu sesuai dengan program yang dicanangkan oleh pemerinta India yakni Make in India. Program itu memintah seluruh pihak swasta di India berusaha sekerasnya untuk memproduksi di dalam negeri berbagai alat dan kebutuhan yang dibutuhkan masyarakat India.

Untuk ketersediaan infrastruktur pendukung, Dr Pravad mengatakan mereka tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Ketiadaan infrastruktur pendukung justru tidak menjadi halanan buat mereka untuk tetap menjual motor sport listrik itu. (Baca juga : Cadillac Escalade Bisa Dikendarai dengan Kaca Depan Tertutup)

Bulan Depan India Siap Menjual Motor Sport Listrik Buatan Sendiri




"Kami mengusahakan produk motor listrik kami bisa diisi ulang oleh aliran listrik yang ada di rumah dengan mudah. Di saat yang bersamaan kami juga berupaya membangun pusat pengisian ulang baterai untuk konsumen kami. Jadi mereka bisa punya banyak pilihan dalam mengisi ulang," jelasnya.

Dr Pravat mengatakan Nahak Motors memilih membuat motor sport karena memang dari survei yang mereka jalanka, konsumen di India memang sangat menyenangi tampilan motor sport. Dari situlah mereka kemudian mereka memutuskan membuat motor sport ketimbang motor lain seperti skuter matik atau cub yang juga sangat banyak digunakan masyarakat India.

Memang dari segi desain Nahak P14 tidak terlalu jauh berbeda dengan desain motor sport yang sudah ada di India seperti yang banyak menggunakan fairing. Desain Nahak P14 bahkan mengingat Yamaha R25.

Meski sudah siap untuk menjual Nahak P14, Nahak Motors justru belum ada rencana menjual saudaranya Nahak RP64. Alih-alih Nahak Group justru sudah siap dengan produk lainnya yakni bus listrik.
(wsb)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top