7 Tips Memperbaiki Blue Screen di Komputer Windows

Kamis, 29 Oktober 2020 - 18:30 WIB
loading...
7 Tips Memperbaiki Blue Screen di Komputer Windows
Jika komputer Windows Anda telah menampilkan Blue Screen of Death, ada beberapa langkah pemecahan masalah yang dapat Anda ambil. Foto/Business Insider/Getty
A A A
JAKARTA - The " Blue Screen of Death ", sering disingkat BSOD atau hanya disebut Blue Screen, adalah nama yang diberikan untuk serangkaian pesan kesalahan umum yang ditampilkan komputer Windows saat terjadi kesalahan kritis. (Baca juga: Peramban Microsoft Edge Kini Hemat 27% Penggunaan RAM di Windows 10 )

Laman Business Insider mengutarakan, Layar Biru alias Blue Screen berarti Windows tidak dapat melanjutkan perintah. Jadi setelah menampilkan pesan kesalahan, Windows akan melakukan pembersihan "home" di belakang layar dan memulai ulang. Sayangnya, tidak ada kesempatan untuk menyimpan pekerjaan Anda, jadi Blue Screen sering kali menyebabkan hilangnya data.

Kesalahan Blue Screen seharusnya jarang terjadi -jika itu sering terjadi pada Anda- maka Anda memiliki masalah serius dengan komputer dan harus menyelesaikan masalah secara profesional atau mengganti PC sepenuhnya. Bahkan Blue Screen yang sangat langka bisa membuat frustasi dan harus ditebus mahal oleh pengguna.

Sayangnya, pesan kesalahan ini tidak dapat dipahami oleh pengguna biasa (dan jarang memberi tahu pemrogram atau pengembang berpengalaman yang cukup untuk membuat rekomendasi yang berarti), dan ada begitu banyak penyebab potensial sehingga sangat sulit untuk dipecahkan.

Jika Anda mengalami Blue Screen, apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya? Berikit ini 7 cara mudah untuk memperbaiki Blue Screen of Death pada PC Windows yang bisa Anda lakukan:

7 Tips Memperbaiki Blue Screen di Komputer Windows

Seperti inilah tampilan Blue Screen of Death pada Windows. Microsoft

1. Hapus perangkat lunak yang tidak kompatibel
Karena ada begitu banyak penyebab potensial, akan sangat membantu untuk memulai dengan perbaikan sesederhana mungkin dan melanjutkan ke langkah pemecahan masalah yang lebih kompleks atau sulit.

BSOD Anda tidak akan secara pasti mengidentifikasi penyebabnya, tapi jika mendapatkan kesalahan lebih dari sekali saat menjalankan program tertentu, maka aplikasi itu mungkin yang menjadi penyebabnya.

Jika ada versi yang diperbarui tersedia, pastikan untuk meningkatkan. Jika tidak, coba copot pemasangan aplikasi untuk melihat apakah masalahnya hilang.

7 Tips Memperbaiki Blue Screen di Komputer Windows

Mulailah dengan menghapus semua perangkat lunak dan program yang tidak penting yang sepertinya selalu berjalan saat Anda mendapatkan Blue Screen. Foto/Business Insider
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2448 seconds (0.1#10.140)