Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

Sabtu, 11 Juli 2020 - 20:52 WIB
loading...
Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita
Teknologi 5G dipercaya akan mengubah kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jika kita harus menentukan kata kunci teknologi untuk tahun 2020, maka itu akan menjadi 5G . Ya, saat ini, industri apapun ketika bicara teknologi bakal dihubungkan dengan ketersedian jaringan 5G . (Baca juga: Ke Planet Mars 15 Juli, UEA: Kalau Kami Bisa, Semua Pasti Bisa! )

Menurut laman Phone Arena, 5G adalah standar teknologi generasi berikutnya untuk jaringan seluler, setelah 4G dan 3G. Kita dapat berbicara tentang frekuensi dan panjang gelombang sepanjang hari, tapi yang paling penting adalah 5G benar-benar akan mengubah dunia dengan berbagai cara.

Tanpa terlalu teknis, berikut ini menunjukkan kepada kita tentang 7 cara 5G bakal mengubah dunia. Ayo

1. Smart City
Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

Teknologi 5G memungkinkan gadget kecil atau besar di rumah dan kota Anda terhubung satu sama lain. Kulkas akan "berbicara" dengan asisten cerdas pengguna dan bisa memesan barang-barang sendiri, lalu pengukur suhu ruangan akan terhubung ke "lingkungan" rumah dan memberitahu mereka untuk menaikkan tirai agar sinar matahari masuk. Kemudian lampu lalu lintas dan rambu-rambu jalan akan memperingatkan pengemudi langsung di dasbor mobilnya dan masih banyak kegunaan lainnya.

Ada ratusan aplikasi yang membutuhkan konektivitas 5G di Internet of Things (IoT). Itu dikarenakan 5G dapat menangani perangkat yang terhubung secara signifikan lebih simultan daripada 4G dan jangan lupa, frekuensinya tetap stabil.

Perlu diketahui, teknologi 4G dapat menangani sekitar 2.000 perangkat yang terhubung per 0,38 mil persegi. Sedangkan 5G dapat menangani satu juta perangkat!

2. Mobil Tanpa Pengemudi
Mobil self-driving atau otonom merupakan "janji" fiksi ilmiah lain yang perlahan-lahan mulai terpenuhi di dunia nyata. Untuk beroperasi sepenuhnya secara mandiri, mobil-mobil ini membutuhkan jaringan supercepat generasi kelima.
Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

Mobil tanpa pengemudi membutuhkan waktu respons yang sangat cepat dan di sini latensi rendah 5G datang untuk dimainkan. Saat bepergian dengan kecepatan tinggi, mobil otonom harus membuat keputusan yang sangat cepat, berkomunikasi dengan cloud, dan menyinkronkan dengan elemen terhubung lainnya di kota.

Orang-orang "besar" tahu ini dan raksasa seperti Tesla, Google, Uber, dan Apple bekerja keras untuk menerapkan 5G dalam teknologinya. Akibatnya, kami tidak perlu menunggu bertahun-tahun untuk melihat adopsi 5G dan mobil-mobil self-driving masa depan ini akan benar-benar menjadi teknologi masa kini.

3. Augmented Reality/Virtual Reality
Realitas virtual menjadi hype beberapa tahun lalu, tapi teknologi menghadapi beberapa tantangan berat. Perangkat AR/VR besar dan tebal, tapi masalah sebenarnya, mereka harus ditambatkan ke perangkat keras yang kuat.
Ada Tujuh Cara 5G Mengubah Dunia yang Berhubungan dengan Kita

Aplikasi AR/VR membutuhkan banyak bandwidth dan resolusi tinggi untuk membuat dunia virtual tampak nyata. Nah, jaringan 5G bakal membantu AR/VR memotong kabel yang selama ini dibutuhkan.

Selain itu, latensi rendah 5G akan membuat game AR/VR benar-benar menyenangkan dan mungkin jauh lebih sedikit membingungkan. Jika kita melihat lebih jauh dari game, 5G akan memungkinkan orang untuk membuat interaksi real-time di seluruh dunia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1088 seconds (0.1#10.140)