Keren Nih, Akses Tol Bandara Kertajati Sudah Mulai Dibangun

Rabu, 18 November 2020 - 08:20 WIB
loading...
Keren Nih, Akses Tol Bandara Kertajati Sudah Mulai Dibangun
Akses jalan tol menuju Bandara Kertajati sudah mulai dilakukan. Diperkirakan akhir 2021 sudah bisa digunakan masyarakat. Foto / Okezone
A A A
MAJALENGKA - Masih ingat dengan Bandara Kertajati yang selalu dikatakan sepi? Ternyata baru-baru ini, operator Tol Cipali, ASTRA Inftra Toll Road Cikopo-Palimanan (ASTRA Tol Cipali) sudah memulai pembangunan akses menuju tol Bandara Kertajati yang ada di wilayah Kabupaten Majalengka itu. Proses pembangunan itu diketahui merupakan lanjutan dari Groundbreaking Pembangunan Jalan Tol Akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang dilakuan pada September lalu.

Kabar baiknya, akses BIJB Kertajati itu nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) yang menghubungkan Kota Bandung dan wilayah sekitarnya. “Jalan Tol Akses menuju BIJB Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Palimanan dimulai dari KM 158+700 dengan panjang jalan sekitar ± 3.7 KM . Saat ini progress pembangunan sudah berjalan 42 hari dari total waktu pelaksanaan 305 hari. Saat ini pekerjaan sudah land clearing dan penimbunan tanah serta pondasi untuk jembatan,” jelas Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali. (Baca juga : Abang Jago Mau Jago Drifting? Siapkan Uang Rp3,5 Juta )


Keren Nih, Akses Tol Bandara Kertajati Sudah Mulai Dibangun


Dengan total pelaksanaan pekerjaan selama 305 hari, saat ini progress pembangunan akses BIJB Kertajati sudah memasuki 4.9% progress pekerjaan yang terdiri dari land clearing dan penimbunan tanah serta pondasi untuk jembatan. Yang sebelumnya juga dilakukan penanganan aliran air, pengamanan lingkungan hidup, manajemen lalu lintas, pekerjaan galian tanah yang berupa galian, timbunan, drainase pasir sampai dengan perkerasan frontage.

Proses pembangunan menelan biaya Rp692 miliar dengan kontrak kerja selama 12 bulan diprediksi akan mulai beroperasi pada bulan November 2021. Namun diharapkan pada bulan Juli 2021 Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementrian PUPR untuk keberangkatan Jemaah Haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati. (Baca juga : IMI Siapkan Peraturan Khusus Buat Touring Motor Berkelompok )

Diketahui pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati merupakan project yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kementerian PUPR yang sudah direncanakan sejak Mei 2017. Pekerjaan ini merupakan penambahan lingkup Jalan Tol Cipali. Pekerjaan pembangunan akses BIJB Kertajati yang diprediksi akan selesai pada akhir 2021 ini.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4578 seconds (0.1#10.140)